CARA MEMBUAT SEPTIC TANK YANG BAIK DAN BENAR

Cara Membuat Septic Tank Yang Baik Dan Benar

Septic Tank adalah suatu wadah penampungan limbah kotoran manusia yang yang kondisinya harus di jaga dengan baik dan benar juga dengan desainnya pula harus di perhatikan agar tidak membahayakan dan mencemari lingkungan sekitar. Biasanya letak septitank di desa maupun di kota di letakpan pada halaman rumah, ruang dapur, di garasi atau biasanya di pedesaan berada di halaman belakang rumah.

Waktu untuk penyedotan septic tank ketika penuh umumnya bervariasi sampai berapa tahun tergantung dengan desain septic tank, ukuran septic tank, dan juga kondisi tanah sekitar juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan lama waktu septic tank itu penuh.

Perlu di ingat bahwa pembuatan septic tank yang salah bisa mengakibatkan salah satunya mencemari lingkungan sekitar hal ini di sebabkan oleh bakteri dari kotoran tersebut yang meresap kedalam tanah. Untuk itu berikut ini kami contohkan desain septic tank yang baik dan benar.

1. Septic Tank Dengan 3 Kamar

Untuk septic tank yang ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai lahan yang cukup luas karena septic tank bentuk seperti ini biasanya berukuran besar.

Contohnya unutk septic tank dengan 3 kamar berikut langkah - langkahnya :

- Gali Tanah dengan ukuran misalnya panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1 meter
- Setelah tanah sudah di gali segera siapkan batu bata, pasir, dan semen
- Pasang batu bata seperti pada bangunan biasanya sekeliling galian tanah
- Berikan sekat dinding pada setiap panjang jarak 1 meter, sehingga terdapat 3 bagian kamar
- Untuk Ruang pertama dan kedua berikan lubang pada bawah ruangan dan antara ruang kedua dan ketiga berikan ruang pada atas ( berikut pada gambar )

Sedot Wc Sidoarjo
Sedot Wc Sidoarjo

- Tutup atas septitc tank menggunakan adonan cor yang sebelumnya di kasih rangkaian besi sebagai penguat kira - kira tebalnya 5 cm
- Pada setiap atas kamar berikan lubang bak kontrol kira - kira ukuran 30 cm x 30 cm untuk penyediaan penyedotan apabila penuh

2. Septic Tank 2 Kamar ( Pakai Benton )

Untuk kali ini pada pembuatan septic tank yang menggunakan beton yang bulat atau yang biasanya di sebut ( Bong Bis ) terbilang sangat efisien dan harganya juga sangat terjangkau dan tidak perlu memerlukan lahan yang luas sehingga sangat cocok bagi anda yang mempunyai lahan yang sempit. Untuk beton ini banyak di jual pada toko bangunan sekalian dengan tutupnya sehingga sangat praktis dalam pengerjaannya. Tersedia berbagai ukuran pada diamater beton tersebut seperti ukuran diameter 60 cm, 80 cm, 90 cm.
Berikut Langkah - Langkah Membuat Septitank Beton

- Gali tanah sesuai dengan ukuran pada beton tersebut yang anda gunakan, beri sedikit ruang gali tanah sekitar 10 cm sebagai ruang bebas pada pemasangan misalnya beton ukuran diameter 80 cm anda harus menggali tanah dengan diameter 100 cm.

- Untuk kedalaman septic tank ini sesuai keinginan anda berapa meter, untuk ukuran tinggi beton tersebut biasanya ukuran tingginnya 50 cm

- Ulangi gali tanah di sampingnya dengan ukuran yang sama pada hal yang pertama sebagai resapan
- Berikan lubang antara beton utama denga beton yang kedua di bagian atas sebagai penghubung masuknya kotoran ke resapan

( Berikut Pada Gambar )

Sedot Wc Sidoarjo
Sedot Wc Sidoarjo
Nah berikut sedikit ulasan tentang pembuatan septic tank yang baik dan benar. Perlu di ketahui untuk lama septic tank penuh juga di pengaruhi oleh struktur tanah sehingga tidak dapat di samakan antara septic tank yang satu dengan yang lain. Apabila pada waktu septic tank anda penuh dan memerlukan jasa sedot wc yang profesional dan harga terjangkau segera hubungi kami dengan kontak kami di bawah ini :

Sedot Wc Sidoarjo
Sedot Wc Sidoarjo
Contact Person : Pak Parlin
Email : sedotwc.lancarabadi@gmail.com

Terima kasih telah mampir dalam situs kami
Salam Admin LANCAR ABADI

Komentar

Postingan Populer